Banner Indonesia Network

Kamis, 15 November 2007

MULTIPLE INTELLIGENCES

Komponen-komponen kecerdasan seorang anak dan tanda-tanda potensinya pada anak menurut Howard Gardner (Harvard University) adalah :

  1. LOGICAL-MATHEMATICAL :

Anak yang suka berfikir, menganalisis sebab akibat, mengklarifikasi, memecahkan teka-teki dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. (cocok untuk scientist, mathematician, philosopher)

  1. VERBAL-LINGUISTIC:

Suka membaca dan mengarang, daya ingat detil dan kuat, suka asosiasi dan penguraian masalah cepat menguasai bahasa baru . (cocok untuk writer, orator, attorney)

  1. MUSICAL-RHYTMIC

Peka terhadap suara-suara non verbal disekelilingnya (ketukan, gesekan, dengung, tetesan atau aliran air dan sejenisnya) termasuk nada dan irama, mengingat dan berekspresi dengan lebih mudah bila dikaitkan dengan musik.

  1. VISUAL-SPATIAL

Pandai merealisasikan bentuk yang dibayangkan melalui suatu karya, pandai membaca bahasa lambing atau symbol (cocok untuk architect, engineer, sculptor, photographer, painter)

  1. NATURAL

Menikmati dan mengobservasi obyek-obyek ilmiah seperti gunung, laut, hutan, tanah, batuan, flora dan fauna. (cocok untuk adventurer)

  1. BODY-KINESTHETIC

Pandai berekspresi dan memecahkan masalah menggunakan sebagian atau keseluruhan tubuhnya , pandai berolah raga, menari, acrobat, main sulap. (cocok untuk athlele, dancer, actor, surgeon)

  1. INTER PERSONAL

Peka terhadap perasaan orang lain, mudah bersosialisasi, mampu memimpin dan menjadi penengah pertengkaran, banyak teman (cocok untuk counselor, minister, teacher, social worker, sales person)

  1. INTRA PERSONAL

Peka terhadap perasaan sendiri, suka merenung dan instrospeksi diri (cocok untuk poet, efficiency expert)

Tidak ada komentar: